cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknik Sipil
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2015)" : 10 Documents clear
ANALISA KELAYAKAN TARIF ANGKUTAN UMUM DALAM KOTA KUPANG Bolla, Margareth E.; Sir, Tri M. W.; Kase, Nene O. C.
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.901 KB)

Abstract

Penentuan besaran tarif angkutan membutuhkan penanganan dan kebijakan yang arif karena dapat menjembatani kepentingan penumpang selaku konsumen dan pengusaha selaku operator angkutan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Biaya Operasi Kendaraan (BOK) dan tarif yang layak diberlakukan untuk trayek angkutan umum Kota Kupang dengan jarak terpendek dan jarak terpanjang. Trayek Terminal Kupang-Penfui adalah trayek angkutan Kota Kupang dengan jarak terpanjang (28,30 km) yang melayani kawasan pertokoan, pendidikan dan kawasan perumahan, sedangkan trayek Terminal Kupang-Perumnas merupakan trayek angkutan kota dengan jarak terpendek (7,68 km) yang melayani kawasan pendidikan dan perumahan. Kedua trayek ini memiliki penentuan tarif angkutan yang sama yaitu Rp 2000,- untuk pelajar dan Rp 3000,- untuk masyarakat umum. Analisa BOK dan kelayakan tarif dilakukan dengan metode perhitungan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: SK.687/AJ.206 /DRJD/2002 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur. Hasil analisa BOK untuk trayek Terminal Kupang-Penfui sebesar Rp 2.165,42/penumpang dan tarif yang layak diberlakukan sebesar Rp 2.381,96/penumpang, sedangkan BOK untuk trayek Terminal Kupang-Perumnas sebesar Rp 1.956,31/penumpang dan tarif yang layak diberlakukan sebesar Rp 2.151,94/penumpang. Determining the amount of transport fares require wise policy for it can bridge the interests of passengers as consumers and businessman as public transport operators. This study aims to determine the Vehicle Operating Cost (VOC) and the decent fares applied in Kupang City for the shortest and the longest route. The route of Terminal Kupang-Penfui is the longest ones that has a distance of 28.30 km, that serves the shopping area and the educational and residential areas; while the route of Terminal Kupang-Perumnas is the shortest route (7.68 km) which serves educational and residential area. Nowadays these two routes have the same transport fares is Rp. 2000, - for students and Rp 3,000, - for public in general. VOC and feasibility fare analysis conducted by the method of the Directorate General of Land Transportation No. SK.687/AJ.206/DrJD/2002. The VOC analysis results for Terminal Kupang-Penfui route is Rp. 2165.42 / passenger and the decent fare imposed is Rp. 2381.96 / passenger; while the VOC for Terminal Kupang-Perumnas is Rp 1956.31 / passenger and the decent fare imposed is Rp. 2151.94 / passenger.
KAJIAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETIDAKEFEKTIFAN KINERJA TERMINAL BUS HAUMENI KOTA SOE KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN Sagi, Fransisca N.; Udiana, I Made; Ramang, Ruslan
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (898.001 KB)

Abstract

Terminal Haumeni yang terletak di Kota Soe adalah salah satu contoh prasarana transportasi yang kinerjanya tidak efektif karena angkutan umum lebih banyak melakukan aktifitasnya di luar terminal. Berdasarkan pengamatan, persimpangan dekat lokasi terminal yang dijadikan sebagai terminal bayangan. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakefektifan kinerja terminal bus Haumeni dengan statistik Skala Likert. Dari hasil analisis, berdasarkan persepsi pengguna jasa, faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakefektifan kinerja terminal bus Haumeni adalah tidak adanya bus yang masuk ke terminal dengan persentase sikap penumpang 68,60 %, lokasi terminal yang kurang strategis dengan persentase penumpang 57,91 %, pengemudi 76,84 %, fasilitas terminal yang kurang efektif dengan persentase penumpang 76,74 %, pengemudi 62,11 %, kurangnya pelayanan petugas terminal dengan persentase penumpang 58,14 %, pengemudi 74,74 %, tidak adanya peraturan yang berlaku bagi pengguna jasa dengan persentase penumpang 63,26 %, tidak ada pengawasan dari pihak keamanan dengan persentase penumpang 65,58 %, pengemudi 66,32 %, parkir yang tidak teratur dengan persentase penumpang 62,79 %, pengemudi 65,26 %. Haumeni terminal which is located in the city of Soe is one example of a transport infrastructure that performance is not effective because the public transport is turns more to do it outside the terminal. Based on the observation, the intersection near the location of the terminal that serve as a shadow terminal. This study aims to determine the factors that affect the performance of ineffectivenes Haumeni bus terminal using descriptive statistical analysis of the Likert Scale. From the analysis based on the user perception of services, the factors that affect the performance of the bus terminal Haumeni ineffectiveness is the lack of buses to load passenger in terminal with a percentage of 68.60% of passenger attitudes, less strategic terminal locations with a percentage of 57.91% attitude passengers, driver 76.84%, terminal facilities were less effective with the percentage of 76.74% and the attitude of the driver’s passenger 62.11%, the lack of service personnel attitude passenger terminal with the percentage 58.14% and 74.74% driver, the absence of regulations for service user with a percentage attitude 63.26% passenger, there is not oversight of the security forces with the percentage of 65.58% attitude passenger and the driver 66.32%, irregular parking arrangement with the percentage of 62.79% and the attitude of the driver’s passenger 65.26%.
KAJIAN PENERAPAN REKAYASA LALU LINTAS SISTEM SATU ARAH PADA SIMPANG TIGA STRAAT A KOTA KUPANG Bolla, Margareth E.; Messah, Yunita A.; Johanes, Lauren
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.618 KB)

Abstract

Hasil penelitian simpang tiga bersinyal Straat A Kota Kupang yang dilakukan oleh Frans (2014), menyimpulkan bahwa kondisi kinerja simpang berada pada tingkat pelayanan F. Untuk mengatasi masalah tersebut maka pada penelitian ini dilakukan rekayasa lalu lintas berupa penerapan sistem lalu lintas satu arah pada simpul simpang tiga Straat A tersebut, yang meliputi ruas jalan A.Yani, Jalan Flores, dan Jalan Sumba. Pengolahan dan analisa data menggunakan MKJI 1997. Hasil penelitian menunjukkan kinerja Simpang Tiga Straat A dengan penerapan sistem lalu lintas satu arah dikategorikan dalam tingkat pelayanan B yaitu arus stabil, kepadatan rendah, pengemudi masih punya cukup kebebasan memilih kecepatan. Kinerja lalulintas pada ruas jalan yang dipengaruhi adalah ruas jalan A. Yani dengan volume kendaraan maksimum jam puncak 1.646 smp/jam, hambatan samping tergolong sedang, kecepatan aktual 48 km/jam, derajat kejenuhan 0,48 dan tingkat pelayanan C; Pada ruas jalan Sumba, volume kendaraan maksimum jam puncak 1.509 smp/jam, hambatan samping sedang, kecepatan aktual 50 km/jam, derajat kejenuhan 0,48 dan tingkat pelayanan C; Ruas Jalan Flores, volume kendaraan maksimum jam puncaknya adalah 1.342,9 smp/jam, hambatan samping sedang, kecepatan aktual 44 km/jam, derajat kejenuhan 0,48 serta tingkat pelayanan C. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem lalu lintas satu arah pada simpang tiga Straat A layak dilakukan. Based on the previous research on the three-legged signalized intersections on Straat A in Kupang City (Frans, 2014), the result showed that the performance was at F level of service. To overcome this problem, this research was conducted by apply the traffic engineering that is the one-way traffic system on the Straat A intersection that covers A. Yani, Flores and Sumba Roads. Data processing and analysis were done using the Indonesian Highway Capacity Manual (MKJI, 1997). The result showed that the performance of Straat A intersection with the implementation of one-way traffic system is categorized at Level of Service (LoS) B that is has steady traffic flow, low traffic density, and the driver still has enough freedom to choose the speed. The traffic performance of the roads that were affected by one way traffic system are as follow: 1. On A. Yani road, the maximum peak hour volume is 1.646 pcu/hour, the side friction is classified medium, the actual speed is 48 kph, the degree of saturation is 0.48 and LoS is at C level; 2. On Sumba road, the maximum peak hour volume is 1509 pcu/hour, the side friction is classified medium, the actual speed is 50 kph, the degree of saturation is 0.48, and LoS level is at grade C; 3. On Flores Road, the maximum peak hour volume is 1.342,9 pcu/hour, the side friction is also classified medium, the actual speed is 44 kph, the degree of saturation is 0.48 and the LoS level is at grade C too. Thus, it can be concluded that the implementation of one-way traffic system on the three-legged intersection Straat A is feasible.
IDENTIFIKASI KERUSAKAN KONSTRUKSI AKIBAT POTENSI PENGEMBANGAN TANAH LEMPUNG EKSPANSIF DI DESA OEBELO Bella, Rosmiyati A.; Bunganaen, Wilhelmus; Sogen, Paulus M.
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.463 KB)

Abstract

Desa Oebelo merupakan desa yang terletak di Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang Propinsi Nusa Tenggara Timur. Berdasarkan penelitian Sonbay (2010), tanah di Oebelo merupakan tanah lempung ekspansif, dengan kandungan mineral montmorillonite sebanyak 75% dan kaolinite sebanyak 25%. Tanah lempung yang mengandung Montmorilonite sangat mudah mengembang ketika terjadinya perubahan kadar air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai potensi pengembangan dan tekanan pengembangan tanah lempung ekspansif di Desa Oebelo pada variasi kadar air asli, kadar air 30% dan kadar air 40% serta Mengetahui hubungan antara tingkat kerusakan konstruksi terhadap potensi pengembangan tanah lempung ekspansif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan secara langsung di lapangan sebagai langkah awal guna mengindentifikasi kerusakan rumah dan wawancara terhadap pemilik rumah untuk mengetahui riwayat pembangunan dan kerusakan konstruksi serta pengujian sampel tanah di laboratorium untuk mengetahui potensi pengembangan tanah. Pengujian yang dilakukan yaitu pengujian potensi pengembangan dan penurunan satu dimensi tanah kohesif menggunakan SNI 6424-2008 (Metode A). Berdasarkan identifikasi kerusakan, wawancara dan pengujian pengembangan di laboratorium menunjukkan bahwa tingginya potensi pengembangan tanah menyebabkan tingkat kerusakan yang tinggi. Oebelo Village is a village that is located at Central Kupang District of East Nusa Tenggara Province. Based on the research by Sonbay (2010), Oebelo soil is expansive clay with percentage of mineral content are 75% of montmorillonite and 25% of kaolinite. Clay with montmorillonite is easy to swell when the water content changing. The purpose of this research is to know the value of swelling potential and swelling pressure in Oebelo Village at the condition of real water content variation, 30% of water content and 40% of water content and also to know the correlation between the value of construction damage against the swelling potensial of expansive clay. The method used in this research is the direct observations in the field as a first step to identify the damage to house and interviews with house owners to know the history of the development and construction damage and testing of soil samples in the laboratory to determine the swelling potential soil. Tests were done is test the swelling potential and the consolidation one-dimensional of cohesive soil according to SNI 6424-2008 (A method). Based on the interview and swelling test at the laboratory showing that the high potential of soil swelling causing high value of destruction.
PENGUJIAN KUAT TEKAN DAN KUAT LENTUR MATERIAL PENGGANTI KAYU DENGAN CAMPURAN SERAT NILON Hunggurami, Elia; Sir, Tri M. W.; Lau, Maria I. K. K.
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.81 KB)

Abstract

Kayu dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia sebagai bahan konstruksi. Pemanfaatan ini berdampak pada penebangan hutan dan menimbulkan kerusakan lingkungan. Untuk itu, diperlukan alternatif lain bahan konstruksi sebagai pengganti kayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuat tekan dan kuat lentur dari material pengganti kayu dengan variasi campuran serat nilon. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dengan 4 variasi campuran serat nilon yaitu: campuran 5%, 10%, 15%, dan 20% dari berat semen dengan perbandingan campuran 1 semen : 0.25 bubuk kertas : 1.25 air. Untuk uji tekan dibuat 12 benda uji dengan ukuran 200 mm x 50 mm x 50 mm. Benda uji yang digunakan pada pengujian kuat lentur adalah 12 benda uji dengan ukuran 600 mm x 50 mm x 50 mm. Dari hasil penelitian dan analisis data diperoleh nilai kuat tekan dan kuat lentur dari ke empat campuran tersebut adalah sebagai berikut: untuk hasil pengujian kuat tekan dari material pengganti kayu untuk variasi campuran serat nilon 5%, 10%, 15%, dan 20% berturut-turut adalah 4,58 MPa, 5,33 MPa, 6,90 MPa, 7,07 MPa. Sedangkan untuk Hasil pengujian kuat lentur material pengganti kayu dengan campuran serat nilon dengan variasi 5%, 10%,15% dan 20% campuran serat nilon dari berat semen berturut-turut adalah 3,45 Mpa 7,45 MPa, 9,25 MPa dan 10,65 MPa. Dengan demikian, hasil pengujian menunjukan peningkatan kekuatan, baik itu kuat tekan maupun kuat lentur ketika terjadi penambahan presentasi jumlah campuran serat nilon hingga 20% terhadap berat semen. Wood are used for meet human needs as a construction material. The utilization of wood impact to deforestation and environmental damage. Therefore, it needed another alternative construction materials instead of wood. This research aims to know the compressive strength and bending strength of the alternate materials of wood with variations mixture of nylon fibers. This research was conducted by an experimental method that used 4 mixtures of variation, namely: mixtures of nylon fiber 5%, 10%, 15% and 20% with the ratio mixture is: 1 cement : 0.25 pulp 1.25 water. Compressive strength testing was made 12 sampels with size 200 mm x 50 mm x mm. The sampels used in the bending test are 12 sampels with a size 200 mm x 50 mm x mm. From the research and analysis of data obtained by the compressive strength and bending strength testing of the mixture into four is as follows: for the compressive strength test results of the alternate material of with with mixture of nylon fiber 5%, 10%, 15% and 20% was 4.58 MPa, 5.33 MPa, 6.90 MPa and 7.07 MPa. As for the bending test results for a mixture of nylon fiber 5%,10%, 15% and 20% was 3,45 Mpa 7.45 MPa, 9.25 MPa 10.65 MPa. Thus, the test results showed an increase in both of compressive strength and bending strength, when an adition of a mixture of nylon fibers presentation amount to 20% of the weight of cement for the alternate material of wood.
STUDI KELAYAKAN FINANSIAL INVESTASI PERUMAHAN UME MALINAN PERMAI KABUPATEN KUPANG Messah, Yunita A.; Pah, Jusuf J. S.; Putri, Ria A.
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.591 KB)

Abstract

Untuk memenuhi kebutuhan perumahandosen dan pegawai, pihak Undana bekerja sama dengan PT. Spison Brajo selaku developer membangun sebuah kawasan perumahan yang diberi nama Perumahan Ume Malinan Permai. Mengingat dana yang dibutuhkan cukup besar, perlu dilakukan penyusunan studi kelayakan untuk menghindari resiko kerugian di masa yang akan datang.Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan proyek perumahan Ume Malinan Permai terhadap aspek finansial. Untuk mengetahui ketersediaan jumlah tempat tinggal digunakan perhitungan peluang pasar dan untuk mengetahui kelayakan dari segi finansial digunakan perhitungan analisa uji kelayakan dengan parameter investasi yaitu NPV, IRR dan PP.Setelah diadakan analisis, diperoleh kesimpulan bahwa peluang pasar pembangunan perumahan Ume Malinan Permai sangat menjanjikan karena besarnya peluang pasar (market potencial) di Kupang yaitu 58489 unit pada tahun 2018.Dari aspek ekonomi dengan biaya investasi sebesar Rp. 9,536,722,200.00 dan perhitungan uji kelayakan investasi dalam jangka waktu 5 tahun menggunakan 4 asumsi penjualan berbeda disimpulkan bahwa asumsi keempat lebih besar dari 3 asumsi lainnya dengan nilai NPV sebesar Rp. 5,548,503,421,IRRsebesar 25.2112% dan PP selama 3 tahun. Perumahan Ume Malinan Permai yang dilakukan oleh PT. Spison Brajo dikatakan layak (feasible) direalisasikan dari aspek finansial. To fulfill the need of lecturer and staff’shousing, Undana in cooperation with PT. Spison Brajo as the developer built a residential district named Ume Malinan Permai Housing. Because of the huge funds required, feasibility studies need to be done to avoid the risk of losses in the future.This final assesment aims to determine the feasibility of Ume Malinan Permai housing project on the financial aspects. To know the availability of the number of dwelling, calculation of market opportunities is used while to know the feasibility in financial terms, due diligence analysis calculation is used with the investment parameters, namely NPV, IRR and PP.After been analysed, it is concluded that the market opportunities of Ume Malinan Permai housing is very promising because of the large market opportunities (market potencial) in Kupang are 58489 units in 2018.From the economic aspect with the investment cost of Rp. 9,536,722,200.00 and the calculation of investment feasibility test within a period of 5 years using 4 different sales assumptions it has been concluded that the fourth assumption is greater than 3 other assumptions withNPV of Rp. 5,548,503,421,IRR of 25.2112% and PP for 3 years. Ume Malinan Permai housing conducted by PT. Spison Brajo is feasible to be realized on financial aspects.
STUDI PENGEMBANGAN SISI UDARA BANDAR UDARA MALI KABUPATEN ALOR UNTUK JENIS PESAWAT BOEING 737-200 Samapaty, Andrew U. R.; Sir, Tri M. W.; Ramang, Ruslan
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12970.255 KB)

Abstract

Saat ini bandara Mali dilayani oleh pesawat F-50 dengan jumlah seat 48. Peningkatan jumlah penumpang dari tahun ke tahun mengakibatkan pihak maskapai dan bandara harus memberikan penerbangan tambahan untuk melayani semua penumpang yang ada. Namun apabila kapasitas pesawat yang digunakan lebih besar akan dapat menampung jumlah penumpang yang ada. Untuk itu perlu dilakukan pengembangan khususnya pada sisi udara bandar udara Mali yang mencakup landas pacu (runway), landas hubung (taxiway) dan landas parkir (apron). Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan landas pacu, landas hubung dan landas parkir bandar udara Mali agar dapat melayani pesawat terbang yang lebih besar yaitu Boeing 737-200. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder antara lain : Data lalu lintas pesawat pada bandar udara Mali, karakteristik pesawat Boeing 737-200, temperatur lingkungan bandar udara, elevasi dan kemiringan landasan dan CBR tanah dasarnya. Analisa dimensi sisi udara bandar udara dilakukan berdasarkan aturan International Civil Aviation Organization (ICAO), sedangkan perencanaan tebal perkerasan landas pacu menggunakan metode U S Corps of Engineer (CBR) dan metode Load Classification Number (LCN). Dari hasil penelitian maka diperoleh dimensi sisi udara bandar udara Mali dengan panjang minimum landas pacu 2181 m, lebar landas pacu 30 m dengan bahu landasan 2 x 15 m, total tebal minimum lapisan perkerasan landas pacu untuk metode CBR sebesar 19,85 inci dan metode LCN sebesar 25 inci, lebar minimum landas hubung yang dibutuhkan 15 m sedangkan lebar saat ini 21 m sehingga tidak perlu dilakukan penambahan lebar dan ukuran apron 144 m x 84 m dengan daya tampung pesawat sebanyak 3 buah pesawat Boeing 737-200. Mali airport is served by Foker 50 plane with 48 seats capacity.Every years the passanger have been upgrading and the airline company have to supply the airport with more flight to accommodate all the passanger. But if the plane used have more capacity will be able to accommodate all the passanger. Therefore something must be added at the air side including runway, taxiway and apron.The research is aimed at planning of runway, taxiway and apron of Mali airport in order to be able to give the service for bigger planes such as Boeing 737-200.The used data in this research are secondary data such as : traffic planes information in Mali airport, the characteristic of Boeing 737-200, the temperature around the airport, runway elevation and slopeandsubgrade CBR. Analysis at the dimention of air side of the airport is done based on the International Civil Aviation Organization (ICAO). While the planning of the runway thickness used U. S Corps of Engineer methode (CBR) and Load Classification Number methode (LCN). The research results obtained airside dimention of Mali airport with the runway minimum length is 2181 m, runway width is 30 mwith the width of the runway shoulder is 2 x 15 m, the minimum thickness of the runway pavement with CBR methode is 19,85 inches and with LCN methode is 25 inches,the minimum width of the taxiway is 15 m needed but the present width of the Mali airport taxiway this time is 21 m, so it is no need to make it wider and The wide of the apron is 144 m x 84 m, with the patching capacity is for 3 plane of boeing 737-200.
SOLUSI PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA DALAM PELAKSANAAN KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA KUPANG Messah, Yunita A.; Bella, Rosmiyati A.; Lolo, Teguh A. S.
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.333 KB)

Abstract

Kasus kecelakaan di Provinsi NTT yang terjadi dalam lima tahun terakhir berfluktuasi selama periode tahun 2009 hingga tahun 2013.Dari data terdapat lima jenis kecelakaan yaitu kecelakaan karena tergelincir, terpukul, terkena benda tajam/keras, kecelakaan karena kejatuhan benda, alat pengangkutan dan lalu lintas, jatuh dari ketinggian, dan kecelakaan karena aliran listrik, kebakaran dan ledakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persentase penyebab kecelakaan yang paling sering terjadi dan mengetahui cara perusahaan dalam memberikan prioritas penanganan atau solusi jika terjadi kecelakaan kerja pada suatu proyek konstruksi gedung.Penelitian ini menggunakan metode survei kuisioner dengan jumlah sampel 19 perusahaan, di mana terdapat 2 perusahaan BUMN dan 17 perusahaan swasta nasional. Data dianalisis menggunakan metode AHP dengan bantuan Software Expert Choice. Hasil penelitian menunjukan bahwa 36,84 % disebabkan oleh jalan yang licin dan gelap, sedangkan karena pekerja tidak mengenakan topi pelindungsebesar 31.58 %. Untuk solusi pencegahan yaitu cara kerja harus dalam posisi yang benar, tetap hati-hati, teliti dan disiplin,dipasang tanda “Hati-hati, ada pekerjaan di atas”,dipasang jala pengaman di area bawah, dilarang membuang benda yang tidak terpakai ke bawah, penyimpanan peralatan pada tempatnya, mengangkat material/peralatan tidak melebihi batas muatan, pemasangan material/peralatan harus baik, dan cara mengangkat material/peralatan ke atas harus benar. Cases of work accidents in the province of Nusa Tenggara Timur that occurred in the last five years fluctuate during period from 2009 to 2013. From these data, there are five types of accidents are accidents due to slipping, hit, hit by sharp / hard, accidents due to falling objects, accidents due to tool transport and traffic, accidents due to falling from heights, and accidents due to electricity, fire and explosion. The purpose of this study was to determine the percentage of the most frequent causes of accidents occurred in the building construction project and to find out how the company in giving priority treatment in case of an accident or a solution working on a project construction of building.This study uses a questionnaire survey the number of Samper 19 companies, where there are two state-owned companies and 17 national private companies. Results were analyzed data collection using AHP with the aid of Expert Choice Software. The results showed that 36.84%,hit by sharp / hard due to slippery roads and dark, because the workers were not wearing safety helmetof 31.58%. For priority prevention solutions provided by the company, which for this type of accident due to slip, hit, hit by sharp / hard, there are two priority prevention solutions that work the way should be in the position and the right attitude and workers must remain cautious, conscientious and disciplined, installed signs "Be careful, there are jobs at the top", needs to be installed safety nets in the area below, is prohibited from disposing objects unused down, placement of objects or equipment should be in place, lifting equipment does not exceed the load limits, installation material / equipment to be good and in place, and how to lift material / equipment up to be true.
ANALISIS RUAS JALAN RAWAN KECELAKAAN LALULINTAS MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS Weo, Ronel V. S.; Bolla, Margareth E.; Messah, Yunita A.
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.923 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik ruas jalan yang teridentifikasi sebagai lokasi kecelakaanlalu lintas menurut data kecelakaan di kota Kupang, mengetahui lokasi ruas jalan rawan kecelakaan lalu lintasdi Kota Kupang, dan menyusun database kecelakaan berbasis Sistem Informasi Geografis di Kota Kupang. Analisis data kecelakaan tahun 2011 sampai 2013 untuk jalan arteri dan kolektor di kota Kupang menggunakan metode UCL (Upper Control Limit) dalam Quantum GIS Chugiak 2.4. Dari hasil analisis maka ruas jalan rawan kecelakaan yang di dapat adalah Jalan Timor Raya dengan fungsi jalan Arteri Primer, nilai APW (Accident Point Weightage) = 485 dan nilai UCL(Upper Control Limit) = 102.235, jalan Frans Seda dengan fungsi jalan Kolektor Primer, nilai APW (Accident Point Weightage) = 122.8 dan nilai UCL(Upper Control Limit) = 89.566, jalan Adi Sucipto dengan fungsi jalan Arteri Sekunder, nilai APW (Accident Point Weightage) = 94.4 dan nilai UCL(Upper Control Limit) = 88.009. Untuk database kecelakaan lalu lintas di kota Kupang tahun 2011 sampai 2013 dari Dirlantas Kota Kupang tersusun dalam interface program Arcview GIS 3.3, data kecelakaan yang dicatat bisa diinput kedalam interface dan menjadi satu kesatuan dengan informasi lain, seperti peta, hasil analisis dan hasil geometrik jalan. This study aims to determine the characteristic of the roads which were identified as the locations of traffic accidents, to know the accident-prone roads, and to compile a database of traffic accidents by using Geographic Information Systems (GIS), based on traffic accident data from years 2011 to 2013 in Kupang City. The traffic accident data analysis for arterial and collector roads were done using UCL (Upper Control Limit) method and processed by Quantum GIS 2.4 Chugiak program. The results showed that the accident-prone roads were: Timor Raya with the function of a primary artery road which had APW (Accident Point Weightage) value amounted to 485, and the value of UCL (Upper Control Limit) was 102,235; Frans Seda road with primary collector road function which had APW value amounted to 122,8 and UCL value = 89,566; Adi Sucipto with secondary arterial road function, APW value = 94,4 and UCL value = 88,009. Database of traffic accidents from years 2011 to 2013 were obtained from The Directorate of Traffic of Kupang City organized into ArcView GIS 3.3 program interface. The accident data obtained were inputted into the interface and be integrated with other information, such as maps of the area and the road network, data of road geometric inventory, and the results of the analysis of traffic accidents.
PERENCANAAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH RUMAH TANGGA KOMUNAL PADA DAERAH PESISIR DI KELURAHAN METINA KECAMATAN LOBALAIN KABUPATEN ROTE-NDAO Fanggi, Marthini S.; Utomo, Sudiyo; Udiana, I Made
Jurnal Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Jurnal Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.84 KB)

Abstract

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal merupakan salah satu solusi bagi lingkungan perkotaan atau pesisir yang padat. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuisoner dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang memberikan gambaran dengan jelas dan benar makna dari indikator- indikator yang ada. Sampel penelitian adalah masyarakat di RT 07, 08, 09 /RW 03, dan RT 10, 11/ RW 04 Kelurahan Metina, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, berjumlah 46 KK dari 262 KK. Skor rerata ideal 37,25 sampai 39,5 digolongkan pada kategori cukup baik karena modus berada pada kategori dua dengan frekuensi sebanyak 18 kali atau 39,13 %.. Desain bangunan IPAL komunal dengan tahun rencana 20 tahun. Jumlah penduduk P(2034) adalah 1330 orang, kebutuhan air bersih yaitu 80 L/orang/hari. Debit rata-rata air limbah adalah 64 liter / hari/ orang, debit puncak adalah 115,2 liter/hari/orang. Kapasitas pengolahan adalah 153,216 m3/hari. Volume bak pemisah lemak/minyak 3,192 m3, volume bak ekualisasi 31,92 m3, volume bak pengendapan awal 19,152 m3, volume bak biofilter anaerob 34,47 m3,volume bak biofilter aerob 34,47 m3. Volume bak pengendap Akhir 19,15 m3. Diameter pipa dari kloset dan air limbah non tinja adalah 100 mm. Diameter pipa utama adalah 150 mm. Waste Water Treatment Plant (WWTP) Communal is one of the solutions for the urban environment or coastal solid. This study was conducted using questionnaires and analysis technique used is quantitative descriptive analysis gives a clear and true picture of the significance of the existing indicators. Samples were people in RT 07,08,09 /RW 03 and RT 10,11 /RW 04 Metina Village, District Lobalain, Rote Ndao, totaling 46 families of 262 families. Ideal mean score 37,25 to 39,5 is classified in the category quite well because of the mode are in two categories with a frequency of 18 times or 39,13% . The building design communal WWTP with the 20 year plan. The total population is 1330 people, needs clean water that is 80 L/person/day. Average discharge of waste water is 64 liter/day/person, the peak discharge was 115,2 liters/day/person. Processing capacity is 153.216 m3/day. Volume tub fat separator 3,192 m3, the volume of 31,92 m3 equalization basin, the volume of 19,152 m3 initial deposition bath, bath volume 34,47 m3 biofilter anaerobic, aerobic biofilter volume of 34,47 m3. Final settling basin volume of 19,15 m3. Diameter pipe from the toilet and waste water non stool is 100 mm. The main pipe diameter is 150 mm.

Page 1 of 1 | Total Record : 10